Karimah bersama Retna Hidayah, Ph. D.

KMP UNY – Keputrian HIMMPAS KMP UNY menyelenggarakan kajian khusus muslimah atau yang biasa disebut KARIMAH pada hari Jum’at, 23 September 2016 bertempat di musholah Al-Qolam FIP UNY. Kajian dengan tema Muslimah Aktif, Kreatif, dan Prestatif ini dibersamai oleh Retna Hidayah, Ph. D. Menurutnya, muslimah harus bisa membangun diri. Menentukan tujuan hidup yang jelas agar dapat meraih kesuksesan. Sukses dapat diraih jika diusahakan (Choose to Succees), bukan sekedar dipertahankan (Just Survive). Jika diri telah memilih untuk sukses, maka teruslah berfokus pada pilihan. Yakinlah bahwa Anything is Possible! Jangan pernah meragukan diri sendiri, karena manusia diciptakan sebagai khalifah di muka bumi oleh Allah swt. Tentunya Allah telah melengkapi segala ciptaan-Nya dengan perangkat dan fasilitas yang lengkap untuk menjalankan tugas.

Sukses dapat diraih dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan membuat perencanaan. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuat lingkaran, karena lingkaran memiliki keliling yang berfungsi untuk mengikat. Diibaratkan keliling lingkaran adalah orientasi hidup yang kita miliki. maka tentukanlah orientasi hidup yang benar-benar dapat membawa diri pada kesuksesan. Dan sebaik-baik orientasi hidup adalah mendapatkan ridho Illahi, seperti yang tertuang di dalam Al-Qur’an, firman Allah QS. Al-An’am: 162 “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanya untuk Alloh, Tuhan semesta alam.” Dan kedua, tentukan proyek-proyek yang ingin kita raih di dalam hidup pada lingkaran.

Manusia memang diwajibkan untuk berusaha dan merancang cara untuk meraih kesuksesan. Tapi yang perlu diingat, ada Allah yang Maha berkehendak dan Maha menentukan atas apa yang telah dirancang. Bisa jadi rencana berjalan sesuai keinginan, namun bisa pula yang terjadi adalah sebaliknya. Oleh karena itu, jadilah diri yang mampu beradaptasi dengan keadaan. sukses bukanlah sebuah titik akhir. Karena sukses itu merupakan suatu proses yang akan terus berkembang. Sukses akan terus bertumbuh atau bersifat dinamis seiring persepsi kita.

Karimah diikuti 53 orang peserta dari berbagai program studi di pascasarjana. Karimah adalah agenda rutin khusus muslimah yang dilakukan setiap dua pekan sekali dan bertujuan menumbuhkan kesadaran para muslimah akan hakikat penciptaannya, sehingga para muslimah akan semakin bersyukur dan senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas diri menjadi pribadi yang lebih baik. (Humas KMP)

KMP UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 7 =


40 + = 49