Kelas Inspirasi KMP UNY 2017

KMP UNY – Sabtu, 18 Maret 2017 bidang Pengabdian Masyarakat  dari Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) Uiversitas Negeri Yogyakarta mengadakan kelas inspirasi di MTs Sunan Kalijaga desa Serut, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara dibuka dengan kata sambutan dari kepala sekolah MTs Sunan Kalijaga desa Serut, Bpk. Sunardi S.Ag.  Dalam sambutannya beliau menyambut dengan hangat dan sangat berterima kasih kepada mahasiswa yang telah ingin memberikan inspirasi kepada siswa siswi di MTs tersebut untuk menjadi contoh agar bisa bermimpi yang lebih tinggi dan menjemput kesuksesan yang sebenarnya. Kegiataan kelas inspirasi tersebut diikuti oleh 15 siswa kelas 9 dengan materi yang diberikan dengan tema melanjutkan mimpi bersama kelas inspirasi.

Kelas inspirasi ini dimulai dengan Ice Breaking yang mengajak anak-anak untuk menari penguin agar bersemangat dalam mengikuti kelas inspirasi. Kemudian dilanjutkan oleh penyampaian materi untuk mengajak siswa agar tidak rendah diri dan tidak membandingkan dirinya dengan orang lain, membangun rasa percaya diri, membangun motivasi, serta mempercayai bahwa Allah itu adil dalam membagi rezeki kepada hamba-Nya.  Lalu pada sesi penutup kegiatan itu siswa diikutsertakan dalam menyampaikan ekspresi mereka melalui tulisan seperti menulis tokoh atau idola mereka dalam secarik keras, dan memotivasi mereka untuk meraih cita-cita yang diinginkan. Pada kegiatan refleksi,  dalam materi tersebut siswa-siswi juga diajak untuk merenung sejenak mengingat perjuangan seorang ibu dalam melahirkan dan membesarkan anak-anaknya, dilanjutkan dengan berdoa agar apa yang dicita-citakan oleh siswa-siswi peserta kelas inspirasi tersebut dapat terwujud. Harapan pemateri adalah agar terwujudnya pesan untuk menjadi siswa yang percaya diri, tidak malas, tidak suka mengulur waktu, dan yakin dengan kemampuan diri sendiri.

Setelah penyampaian materi anak-anak diajak untuk foto bersama dan membagikan door prize yang telah disiapkan oleh panitia dimana panitia memberikan dua pertanyaan kepada anak-anak.  Selanjutnya acara kelas inspirasi dilanjutkan dengan sesi foto bersama kepala sekolah dan pemberian cinderamata. Acara kelas inspirasi ditutup dengan ucapan terima kasih dari ketua bidang Pengabdian Masyarakat yang menyatakan sangat berterima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan kesempatan untuk mengabdi di MTs Sunan Kalijaga dan bisa memberikan inspirasi dan menyambung silaturahmi antara KMP UNY dan lembaga sekolah MTs Sunan Kalijaga.(Humas)

KMP UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 7 =


− 2 = 7