KMP Gelar Pekan Raya 13-20 November 2017

KMP UNY-  Senin (3/11/17) kemarin, telah dilaksanakan Opening Ceremony dari serangkaian acara Pekan Raya Keluarga Mahasiswa Pascasarjana. Kegiatan yang bertempat di ruang sidang utama lantai 2 Gedung Rektorat UNY ini diintegrasikan dengan salah satu agenda dalam rangkaian acara pekan raya, yakni KMP Education Research Conference.

Bertemakan ‘21st Century Trends and Innovations in Education Endeavor : Intergrating 21st Century Skills into Practice”, acara ini dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. Acara resmi dibuka dengan pemukulan gong sebanyak lima kali yang difilosofikan seperti lima sila dalam Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“KMP Education Research bertujuan untuk turut memberikan sumbangsih bagi Program Pascasarjana UNY menuju World Class University melalui prosiding terpublish di jurnal nasional maupun internasional.” tutur Islami Fatwa, S.Pd, S.T,  selaku Ketua Panitia Pekan Raya KMP 2017. Mahasiswa program studi Teknik Mesin S2 ini juga menambahkan bahwasannya terpilihnya tema dalam acara tersebut dilatarbelakangi kebutuhan  dunia pendidikan maupun non pendidikan saat ini. “Perkembangan teknologi hari ini berkembang sangat cepat. Jadi sudah seharusnya kita sebagai agent of change membuat inovasi-inovasi baru untuk menjawab tantangan tersebut.” tambah Islami.

Agenda ini mendapat respons yang cukup baik dari mahasiswa, terbukti ada 190 peserta yang mendaftarkan diri.  Peserta berasal dari berbagai daerah, antara lain Aceh, Palembang, NTB, Kalimantan, Jawa, dan lain sebagainya. Dari sekian makalah yang dikirimkan, terpilih tiga makalah terbaik. Pemakalah terbaik pertama adalah Bapak Briliyani Syarifudin Ahmad dengan judul karya tulis “Pemanfaatan Kamera Lubang Jarum untuk Menerapkan Keterampilan Abad 21 di SD”, peringkat dua diraih oleh Irmadatus Sholekhah dengan judul “21st Century Life and Career Skills : Change Youth Mindset From Employee to be an Entrepreneur”, pemakalah terbaik ketiga adalah Putri Asmara Cendrawasih Ciptaning Irintika dengan judul tulisan “Pemanfaatan Media Abad 21 Dalam Menanamkan Nilai Karakter Pada Usia Anak Usia Dini Melalui Film Kartun”.

Terpilih menjadi pemakalah terbaik kedua, Irma terharu karena tidak menyangka sebelumnya, “Saya terharu ketika melihat pengumuman dari panitia melalui email. Saya yakin banyak makalah yang jauh lebih bagus dari makalah saya sendiri.” ungkap Irma.  Tri Wulaningrum, Mahasiswi Pascasarjana UNY jurusan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan mengatakan bahwa dia tidak kecewa mengikuti rangkaian acara pada hari itu. “Manfaat acara ini sangat besar. Saat ini, seminar semacam ini berguna untuk membentuk mindset dari pribadi masing-masing mahasiswa.” kata Tri. “Momen yang paling saya sukai adalah saat sesi penampilan Bapak Briliyani Syarifudin Ahmad selaku penulis makalah terbaik pertama. Ide beliau dikemukakan sangat unik dan inspiratif.” tambah mahasiswi ini dengan antusias.

Acara konferensi ini sekaligus membuka serangkaian acara dari Pekan Raya KMP UNY. Acara Pekan Raya ini dimulai tanggal 13-20 November 2017 selama satu pekan. Untuk mengakses agenda-agenda lain dari pekan raya, bisa diakses di laman kmp.uny.ac.id. (HUMAS KMP)

 

KMP UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 6 =


− 1 = 8