KMP UNY Bangun Sinergi dengan HMP UGM

Berawal dari spirit sejarah kelahiran yang sama dari satu induk perguruan tinggi serta dalam rangka merealisasikan visi, misi dan program kerja guna membangun sinergi antar sesama lembaga mahasiswa pasca, Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) menyambut kunjungan tamu dari Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gajah Mada (HMP UGM), Sabtu, 12 September 2015.

Acara kunjungan ini dihadiri oleh 5 perwakilan pengurus HMP UGM dan disambut oleh 7 perwakilan pengurus KMP UNY. Penerimaan tamu dilaksanakan di Sekretariat KMP UNY dengan suasana kekeluargaan yang akrab sambil menikmati hidangan rujakan. Dalam kesempatan itu rombongan pengurus HMP UGM berbincang-bincang dengan pengurus KMP UNY membicarakan beberapa rencana kerjasama dalam mewadahi potensi dari mahasiswa pascasarjana dalam bidang penelitian dan pengembangan organisasi.

Sekretaris KMP UNY Sri Wahyuningsih, S.Pd.Si memandu jalannya acara pada pertemuan tersebut menyampaikan rasa terimakasih atas kunjungan dari rekan-rekan Mahasiswa Pascasarjana UGM sekaligus mohon maaf karena tidak semua pengurus KMP UNY bisa hadir pada pertemuan tersebut. Setelah acara dibuka perwakilan dari kedua organisasi bersepakat untuk saling mengenalkan tentang wadah organisasi masing-masing agar bisa saling belajar bersama dan mencari peluang untuk dapat bersinergi dalam berbagai macam kegiatan kemahasiswaan.

Pemaparan diawali oleh wakil ketua KMP UNY Didik Kurniawan, S.Pd menjelaskan tentang struktur kepengurusan KMP UNY berikut ranah kerjanya dengan gaya khasnya yang humoris dan bersahabat membuat suasana pertemuan menjadi lebih akrab. Paparan berikutnya tentang program kerja PSDM yang disampaikan oleh Kabid PSDM KMP UNY Rahzianta, S.Pd. Secara bergantian dilanjutkan pemaparan tentang program kerja terdekat Bidang Riset dan Pengabdian serta Bidang Humas Media yang disampaikan oleh pengurus bidang R&P Lalu Nasrullah, S.Pd. dan Kabiro Humas Reza Armin Abdillah. Kemudian dilengkapi pemaparan tentang program kerja bidang kewirausahaan dan kerohanian oleh sekretaris KMP UNY.

Gayung bersambut, Robi A Sembiring sekretaris rumah tangga HMP UGM memaparkan tentang Struktur kepengurusan HMP UGM yang menaungi 5 bidang, 7 UKM, dan 108 HMP program studi pascasajana UGM. Selanjutnya pemaparan tentang UKM Jurnal Paradigma oleh saudara Salis bahwa jurnal paradigma adalah majalah pasca yang terbit 2 bulanan dengan edisi perdana Juni 2015. Majalah tersebut tidak hanya didistribusikan di dalam intern pascasarjana UGM saja tetapi juga untuk instansi pemerintah maupun swasta.

Diskusi semakin akrab dan kedua perwakilan organisasi saling bertanya lebih dalam tentang program terdekat masing-masing bidang. Fitra Perdana wakil ketua HMP UGM menjelaskan bahwa di bulan Oktober 2015 ada acara sewindu HMP UGM, sekaligus mengundang teman-teman dari KMP UNY untuk bisa ikut berpartisipasi dan ambil bagian dalam acara tersebut. Demikian juga dari KMP UNY mengundang teman-teman dari HMP UGM untuk bisa hadir di acara Seminar motivasi khusus bagi mahasiswa pasca di bulan Oktober 2015 dengan pembicara utama Prof. Slamet PH. MA., M.Ed., MA., MLHR., Ph.D. dan acara puncak KMP UNY di bulan November 2015 yang ditutup dengan adanya kegiatan International Paper Competition.

Kunjungan selama 2,5 jam tersebut diakhiri dengan pemaparan bahwa sejarah UNY tidak bisa lepas dari UGM, “kita adalah saudara kandung yang memiliki potensi besar untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam berkarya” kata Sri Wahyuningsih. Sekretaris KMP tersebut memaparkan bahwa UNY dahulu adalah salah satu fakultas di UGM yaitu Fakultas Paedagogik (FP) UGM yang lahir sejak 19 September 1955. Pada tahun 1962 FP UGM menjadi institusi terpisah dari UGM dengan nama Institut Pendidikan Guru (IPG), pada tahun 1963 IPG berubah nama menjadi IKIP Yogyakarta dan tahun 1999 menjadi UNY. Dipenghujung acara kedua punggawa mahasiswa pascasarjana duo kampus biru, Ence Surahman, S.Pd ketua KMP UNY dan Fitra Perdana wakil ketua HMP UGM saling menyerakan cinderamata. (Humas Media KMP UNY).

KMP UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 4 =


5 + 5 =