Kolaborasi KMP UNY dan Prodi IPA dalam penyelenggaraan Guest Student Program University of Malaya

KMP UNY – Rabu 12 oktober 2016, Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY bekerjasama dengan prodi IPA dalam menyelenggarakan Guest Student dari University of Malaya (UM), Malaysia. Acara berlangsung di ruang UPT perpustakan UNY.

Perwakilan Universitas Malaya sebanyak 22 orang, terdiri dari 18 orang mahasiswa S1 dan 4 orang mahasiswa S2. Sedangkan Perwakilan KMP UNY sebanyak 20 orang dan perwakilan Prodi Pendidikan IPA PPs UNY sebanyak 10 orang.

Kegiatan dibuka langsung oleh direktur PPs UNY, Dr. Moch. Bruri Triyono. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya mempersilahkan mahasiswa Universitas Malaya untuk berkeliling kampus UNY serta membuka kesempatan bagi mereka untuk lanjut studi di UNY.

Sambutan dari UM diwakili oleh Janice Lo Yueh Yea dan Lim May Kuan. Dalam sambutanya, perwakilan UM menjelaskan tentang kampus UM dan prodi – prodi yang ada di UM, visi dan misi UM, serta prestasi mereka sebagai salah satu universitas terbaik di Asia Tenggara.

Sambutan terakhir berasal dari KMP UNY yang diwakili oleh Sigit Purnomo, S.Pd.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan penyerahan kenang-kenangan dan pengenalan tentang PPs UNY dan KMP UNY.

Setelah ishoma, kegiatan dilanjutkan dengan tampilan hiburan dari mahasiswa PPs UNY prodi Pendidikan IPA yakni Tarian dan persembahan dua lagu daerah dari Maluku dan NTT.

Acara dilanjut dengan kegiatan diskusi mengenai akademik, budaya, dan sebagainya pada masing-masing negara.

Cara unik dalam diskusi ini, yakni  bola dilempar kepeserta diskusi oleh Bertha, selaku mediator diskusi. Peserta yang mendapat bola, wajib mengambil kartu yang telah disediakan. Kartu tersebut berisi pertanyaan dan wajib dijawab. Setelah mendapat jawaban, peserta lain menanggapi jawaban.

Nindya Ayu Pristanti, salah satu peserta diskusi mengatakan bahwa dia sempat menjawab pertanyaan dari salah seorang peserta yang ingin melanjutkan pendidikan ke S2 BK. Menurutnya, ia senang bisa menjalankan fasilitas prodi BK yang semakin meningkat bagus. “Bahwa kami siap ditempah menjadi dosen dan praktisi dengan adanya ppl dikampus dan lembaga sekolah serta luar sekolah, seperti panti, pusat rehabilitasi dan lapas,” ungkap mahasiswa yang akrab disapa nindi yang juga menjadi sekretaris litbang KMP UNY.

Ketika ditanya mengenai kegiatan ini, ia mengaku merasa senang. “saya senang dengan kegiatan itu. Nambah teman dan wawasan,” ungkapnya dengan senyum manis diwajahnya.

Peserta lain, Rizatmi Zikri mengatakan  bahwa kegiatan ini menarik dan bermanfaat bagi mahasiswa UNY dan UM. “Kegiatan ini begitu menarik dan bermanfaat, karena kita bisa saling mengetahui tentang bagaimana kehidupan mahasiswa di Malaysia dan kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasinya. Semoga KMP bisa berkolaborasi dengan organisasi di Univeristas Malaya dalam suatu kegiatan yang bermanfaat bagi Indonesia dan Malaysia,” ungkap mahasiswa yang akrab disapa mei.

Kegiatan yang dimulai sejak jam 9 pagi , berakhir pada jam 3 sore. Kegiatan ditutup dengan penampilan hiburan dari mahasiswa UM dan foto bersama. (Humas KMP)

KMP UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 7 =


12 − = 7