Kongkow Budaya: Sinergitas Keberagaman melalui Spirit Kebudayaan

KMP UNY – Diakhir kepengurusan, pengurus Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) menggelar kegiatan semarak mahakarya. Kepedulian terhadap budaya dan kaitanya dengan pendidikan, hal ini membuat pengurus KMP UNY mengadakan Kongkow Budaya dalam rangkaian acara Semarak Mahakarya.

Kegiatan Kongkow budaya dilaksanakan di Hall Rektorat UNY. Kegiatan tersebut diisi dengan berbagai penampilan kesenian dan materi tentang kebudayaan dari Ki Sutikno.

Pada awal kegiatan, diisi oleh penampilan paduan suara dari Tim Padus KMP UNY. Penampilan tim padus sangat memesona terlebih dengan berbagai lagu daerah yang dibawakannya. Setelah nyanyian lagu daerah berakhir, penonton memberi sorak dan tepuk tangan. Tidak hanya itu, kemudian pengunjung kembali terhibur dengan diputarnya film dokumenter tentang sejarah berdirinya KMP UNY.

Ketika tiba saatnya Ki Sutikno memulai materinya, pengunjung semakin banyak berdatangan dari berbagai kampus disekitar Yogyakarta.

Ki Sutikno rupanya sangat mengidolakan sosok Ki Hajar Dewantara karena di awal materinya beliau banyak bercerita tentang pandangan dan paradigma budaya menurut sudut pandang Ki Hajar Dewantara.

Ki Sutikno memandang bahwa jika kita berbicara budaya maka kita membicarakan tentang diri sendiri. Menurutnya, Budaya adalah bagian dari kehidupan yang tidak akan pernah terlepas dan bahkan sudah menyatu dalam kehidupan itu sendiri.

Selain itu, Budaya erat kaitannya dengan pendidikan nasional, karena bagaimanapun budaya memilki andil yang besar dalam membangun suatu bangsa.

Lalu apakah yang menjadi konsep dari kebudayaan itu sendiri? Ki Sutikno dengan indahnya mengucapkan bahwa “kebudayaan merupakan buah budi manusia yang mengandung sifat-sifat luhur dan indah, dan hasil perjuangan hidup manusia terhadap kekuatan alam dan jaman.”

Ki Sutikno bukanlah sosok yang membosankan, beliau bahkan menyelipkan  beberapa ice breaking dalam materinya.

Diskusi asik mengenai kebudayaan tersebut ditutup dengan penampilan tari dari Tim KMP UNY.

Kongkow Budaya berjalan cukup meriah dan berhasil menarik perhatian dari 100 orang lebih pengunjung. Acara penutup dari Semarak Mahakarya KMP UNY 2016 ini dimulai pada pukul 19.00 Wib dan berakhir pada pukul 22.00.

Malam penutupan Semarak Mahakarya KMP UNY 2016 ditutup dengan kemeriahan dari sorak pengunjung dan panitia. Membuat suasana semakin hangat ditengah dinginnya malam. (HUMAS KMP UNY)

KMP UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 4 =


70 − = 67