KUPAS (Kajian dan Diskusi Kerohanian Pascasarjana)

Zaman dan budaya berkembang seiring dengan berkembangnya peradaban manusia. Perkembangan ini kemudian layaknya dua sisi mata uang. Tak hanya kebaikan, adakalanya arus perubahan itu memunculkan masalah-masalah pelik yang dihadapi suatu bangsa. Kondisi itu bisa jadi saat ini yang sedang dialami oleh bangsa Indonesia, dimana terjadi banyak permasalahan disegala sektor kehidupan. Masih adanya masalah kemiskinan, penyakit korupsi yang menjangkiti para pejabat negara, hingga tawuran dan kriminalitas yang dilakukan oleh para remaja sebagai tunas bangsa. Munculnya permasalahan tersebut salah satunya dikarenakan sumber daya alam Indonesia tidak diimbangi dengan kualitas sumber daya manusianya. Indonesia mengalami krisis sumber daya manusia. Faktanya indonesia memiliki kuantitas sumber daya manusia (SDM) yang banyak, sehingga yang terjadi bukanlah krisis secara kuantitas melainkan krisis secara kualitas dari SDMnya.

Upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi segala permasalahan bangsa dapat dilakukan dengan pendidikan karakter. Upaya pendidikan karakter harus dilakukan melalui berbagai dimensi kehidupan. Salah satunya melalui dimensi agama atau keyakinan karena dimensi tersebut memiliki porsi pengaruh yang kuat dan mengakar di dalam masyarakat.

Mahasiswa sebagai agent of change tentu saja memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini. Untuk itu, KMP UNY 2015 akan menyelenggarakan KUPAS (Kajian dan Diskusi Kerohanian Pascasarjana) yang bertemakan Pendidikan Karakter Wujudkan Insan yang Unggul dalam Pekerti dan Prestasi. Sesuai dengan akronimnya, kegiatan yang akan diselenggarakan pada Rabu, 22 April 2015 pukul 15.30 di Aula Lantai 3 Gedung Baru PPs UNY ini diharapkan mampu mengupas hal-hal yang berkaitan dengan urgensi pendidikan karakter dan langkah-langkah efektifnya dalam mewujudkan insan yang unggul dalam pekerti dan prestasi, serta mampu mempererat tali silaturrahmi antar civitas akademika PPs UNY.

Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan format kajian klasikal yang akan dibersamai oleh pembicara dari tokoh agamawan dari muslim dan nonmuslim, yaitu Dr. Marzuki, M.Ag (Kepala Pendidikan Karakter UNY) dan Lilik Krismanto (Ketua Lingkar Muda UNY). Cukup dengan mendaftarkan diri dengan format NAMA_PRODI_AGAMA kirim ke 085736219539 (Mita), seluruh civitas akademika PPs UNY bisa mengikuti kegiatan ini. Segera daftarkan diri anda, karena kegiatan ini terbatas hanya untuk 100 peserta.

desain KUPAS2

KMP UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 3 =


74 − = 69