Pelatihan Blog KMP UNY “Upaya Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa”

jj

KMP UNY – Seiring berkembangnya teknologi informasi dewasa ini, fungsi internet dan blog berperan penting dalam kehidupan mahasiswa. Selain sebagai media publikasi pribadi, blog juga dapat digunakan untuk personal branding, catatan online, berbagai ilmu pengetahuan, dan sumber pendapatan.

Berawal dari banyaknya mahasiswa yang membutuhkan pelatihan dan belajar blog, baik di kalangan anggota KMP UNY maupun mahasiswa PPs UNY, kemudian di follow up  oleh KMP UNY dengan mengadakan sarasehan kewirausahaan. Pelatihan ini mengangkat tema “mahasiswa juga bisa mencari duit di Internet”. Acara tersebut di selenggarakan pada sabtu, (12/3/2016) dan di Aula PPs UNY Lantai 3 Gedung Baru.

Jumlah peserta sebanyak 41 orang yang di bagi kedalam 2 sesi, Pagi dan siang. Kegiatan ini menghadirkan blogger yang sekaligus owner website jadwalseminar.web.id, Agung Prasetyo sebagai pemateri. Di hadapan peserta, Agung Prasetyo menjelaskan mengenai dasar-dasar dalam pembuatan blog.

Pelatihan ini dimulai dengan basic knowledge tentang blog, bagiamana cara mendatangkan income dengan blog baik dari personal blog, jasa, toko online, dan google adsense. Materi pelatihan antara lain dengan pembuatan blog, membuat pos artikel yang baik, membuat laman, mengatur tata letak, menambah widget yang tepat, dan custom template blog sesuai dengan kebutuhan dan jenis blog.

Agung berharap setiap mahasiswa yang mengikuti pelatihan bisa menghasilkan uang melalui blog. “Hal itu bisa di mulai dengan pelatihan dasar-dasar blog dengan tampilan yang baik dan teratur,” ungkap Agung

Agung mencontohkan dengan websitenya di jadwalseminar.web.id, dia telah membuat website tersebut sejak desember tahun lalu.

Peserta terlihat antusias mengikuti rangkaian acara. “Bagus dan menarik dari pelatihan ini. Yang tidak tahu sama sekali tentang blog menjadi memahami cara mengelola dan membuat blog yang tepat serta trik – trik dalam bloging dengan blogspot,” ungkap Erdian Dwiyanti salah satu peserta. (HUMAS KMP)

KMP UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY

You may also like...

4 Responses

  1. Irwan says:

    Semangat terus KMP untuk memenuhi kebutuhan belajarnya mahasiswa PPs..

  2. KMP UNY says:

    Terimakasih masukanya. Diharapkan setelah lulus, mahasiswa mampu memanfaatkan blog untuk promosi jasa atau bidang usaha yang dimiliki, misal lembaga kursus, pendidikan, sekolah, lembaga lainya, bahkan personal branding

  3. lakukan terbaik untuk anak bangsa.
    pengembangan wajib dilakukan agar tidak ketinggaln dengan negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 2 =


+ 6 = 12