Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiwa Baru Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta 2017

KMP-Senin, 21 Agustus 2017,  bertempat di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta, Panitia PKKMB 2017 melaksanakan kegiatan penyambutan mahasiswa baru Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertemakan “ Wujudkan PPs UNY menuju akademisi yang berdaya saing global, berwawasan kebangsaan dan berkarakter profetik’.

Kegiatan ini diharapkan dapat menggerakkan mahasiswa baru menjadi mahasiswa yang mempunyai sense of crisis mengingat peran mahasiswa sebagai agent of change, social control, dan moral force. Tujuan dari pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru 2017 adalah untuk mengenalkan lingkungan perguruan tinggi kepada mahasiswa baru terutama tentang program yang ada di lingkunga pascasarjana dalam rangka menjadikan membentuk mahasiswa yang memiliki daya saing tinggi, berwawasan global dan berkarakter profetik.

Acara ini dibuka langsung oleh Dr. Moch Bruri Triono selaku Direktur PPs UNY. Dalam kesempatan tersebut, Direktur PPs mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru yang telah lolos seleksi masuk dan resmi menjadi mahaiswa PPs UNY. Selain itu ada beberapa hal yang disampaikan terkait kegiatan apa saja yang harus diikuti oleh mahasiswa pascasarjana dalam rangka membantu menunjang kegiatan  akademik dalam rangka meraih sukses selama kuliah di PPs UNY. Poin paling penting adalah hindari plagiarisme. Direktur pascasarjana juga memberikan kesempatan kepada kaprodi, dan tim penjaminan mutu untuk memperkenalkan diri secara langsung kepada mahasiswa. Selain itu, keluarga mahasiswa pascasarjana (KMP) sebagai salah satu wadah dalam hal pengembangan bakat dan soft skill mahasiswa.

Arijalurahman, S.Pd selaku ketua panitia menyampaikan PKKMB PPs UNY 2017 merupakan  sebuah langkah  awal yang disiapkan untuk mengenalkan seperti apa proses akademik di PPs UNY. Orientasi kegiatan ini tentu berbeda dengan jenjang D3 dan S1. Kegiatan ini semata-mata untuk memberikan bekal awal yang tentunya berguna sebelum mahasiswa baru menempuh studi atau belajar di PPs UNY. Selanjutnya jumlah mahasiswa baru yang diterima PPs UNY pada tahun ini meningkat, yaitu sebanyak 1421 maba. Jumlah ini meningkat sekitar lebih kurang 15-20% dari tahun sebelumnya dan terbagi  ke dalam 1251 mahasiswa program magister serta 170 program doktoral. Hal ini menunjukkan betapa besar animo calon mahasiswa yang mendaftar di PPs UNY. Tentu ini mencerminkan kualitas PPS UNY dari tahun ke tahun yang semakin meningkat dan terus berbenah. Baik dari segi mahasiswa, tenaga pengajar, pelayanan dan peningkatan mutu publikasi, riset ilmiah dan lainnya. Ini merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi PPs UNY.

Kegiatan ini diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba esai yang termasuk dalam rangka kegiatan PKKMB UNY 2017. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi akademik oleh Dr. Sugito, MA selaku Asdir I  dan Informasi Teknologi  UNY oleh Dr. Prayitno, M.Kom selaku Kepala UPT Pusat Informasi dan Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta. (HUMAS KMP UNY)

KMP UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 8 =


29 + = 31