Sambut Tahun Baru Islam, KMP UNY Berbagi Inspirasi di Desa Serut

KMP UNY Berbagi Inspirasi di Desa Serut

KMP UNY – Ada yang berbeda pada kegiatan Bakti Desa Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY yang ketiga. Bertepatan dengan momentum Hari Kesaktian Pancasila dan menjelang Tahun Baru Islam 1438 H, kegiatan rutin dua bulan sekali ini dilaksanakan sekaligus di dua sekolah, yaitu SDN Serut Baru dan MTs Sunan Kalijaga. Pada Sabtu (1/10/16).

Kegiatan dengan konsep Kelas Inspirasi ini melibatkan pengurus KMP UNY dan 22 relawan yang berasal dari mahasiswa Program Pascasarjana non pengurus KMP dengan latar belakang prodi yang berbeda. SDN Serut Baru diwakili oleh tujuh orang pengurus KMP yakni Mahfuzi Irwan, SPd, Rizatmi Zikri, SPd, Dwinda Nurningsih, SPd, Kandi Lintang Ndadari SPd, Andika Dirsa SPd, Chairin Vita Hutamasari SPd, Iman Zulfikar SPd dan 18 orang relawan. Dari pihak MTs Sunan Kalijaga diwakili oleh Sigit Purnomo SPd, Anwaril Hamidy SPd, Fay Lalitya Ardi SPd, Ani Agus Riani SPd, Chairun Nisa SPd, Novika Lestari SPd, Nugroho Prasetya Adi SPd dan empat orang relawan.

Kelas Inspirasi di SDN Serut Baru dimulai pada pukul 09.00 WIB. Semua siswa yang berjumlah 106 orang, guru, pengurus KMP dan relawan berkumpul di lapangan sekolah. Setelah kepala sekolah membuka kegiatan, semua siswa kembali ke kelas masing-masing bersama para relawan.

Kegiatan yang dilaksanakan berbeda antar satu kelas dengan kelas lainnya. Kegiatan Kelas Inspirasi yang dilaksanakan diantaranya; siswa kelas satu membuat ikat kepala dengan menggunakan kertas asturo, mewarnai gambar profesi dan menuliskan nama dan cita-cita mereka di kertas yang berbentuk gambar buah lalu menempelkannya di pohon impian yang sudah disediakan. Siswa kelas dua diajak bermain warna dan bagaimana mencampurkan warna, lalu membuat beberapa bentuk benda seperti bunga dan binatang dengan bahan campuran tepung dan lem putih.

Siswa kelas tiga diajarkan membuat gantungan kunci dengan bahan kain flannel yang diisi dakron, sedangkan kelas empat membuat wayang profesi. Kegiatan di kelas lima dan enam tidak kalah menariknya. Siswa kelas lima melakukan aktivitas menempelkan potongan sedotan warna warni di atas kertas yang berisi gambar peta Indonesia, sedangkan siswa kelas enam mengikatkan kertas berbentuk daun yang berisi cita-cita mereka di pohon kecil yang sudah disediakan.

Kelas inspirasi di SDN Serut ditutup langsung oleh Muji, selaku kepala sekolah SDN Serut. Dalam kesempatannya, Muji menyampaikan pesan kesannya tentang kegiatan kelas inspirasi yang diadakan oleh KMP UNY. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat dan berharap akan kegiatan serupa dikemudian hari.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali karena anak-anak bisa berkenalan dan berkegiatan dengan kakak-kakak dari program Pascasarjana UNY. saya berharap, semoga kegiatan bisa menjadi inspirasi bagi mereka untuk semangat belajar demi mencapai cita-cita mereka kelak,” ucap Muji.

Kegiatan di MTs tidak kalah menyenangkan dan bermanfaat. Kelas Inspirasi yang diadakan di MTs Sunan Kalijaga mengangkat tema “Melanjutkan Pendidikan yang Lebih Tinggi untuk Meraih Cita-Cita.” Siswa yang berjumlah 32 orang diberikan motivasi untuk belajar, melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan memiliki cita-cita yang tinggi.

Siswa juga diajak menonton video motivasi dan dilanjutkan dengan menuliskan cita-cita mereka pada pohon impian yang disediakan relawan. Di akhir kegiatan, perwakilan dari siswa baik putra dan putri mengungkapkan cita-cita yang mereka tuliskan dan diaminkan oleh teman-temannya yang lain.

Tidak hanya kegiatan kelas Inspirasi, dalam kesempatan tersebut KMP UNY juga membagikan susu botol kepada seluruh siswa dan dilanjutkan dengan foto bersama. Susu botol ini merupakan bantuan dari ACT (Aksi Cepat Tanggap) DIY Jateng. Selain untuk siswa SDN Serut Baru dan MTs Sunan Kalijaga, susu botol ini juga dibagikan kepada siswa TK Nurul Huda yang lokasinya bersebelahan dengan bangunan MTs Sunan Kalijaga.

Antusiasme pada kegiatan ini begitu besar, baik dari siswa, guru, relawan maupun pengurus KMP UNY, membuat seluruh pamitia dan relawan bersemangat dan tidak peduli rasa lelah. Rizatmi Zikri, salah satu panitia kegiatan mengungkapkan rasa senangnya dalam mengikuti kegiatan ini. Menurutnya, hal ini merupakan salah satu cara untuk berbagi.

“Berbagi itu bukan mengurangi, namun menambah, karena berbagi adalah salah satu cara untuk menjemput kebahagiaan. Jika kita tidak bisa berbagi dengan harta kita, setidaknya kita bisa berbagi dengan ilmu dan pengalaman hidup kita. Siapa tau hal itu akan menjadi titik awal seorang anak memperjuangkan cita-citanya.” Ungkap Rizatmi Zikri dengan tersenyum lebar menghias diwajahnya.

Bagi civitas akademika yang ingin berpartisipasi dalam bentuk donasi untuk kegiatan pengabdian masyarakat dapat di transfer melalui rekening Bank Mandiri Syariah 7096896508 an Dwinda Nurningsih. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Anwaril Hamidy (081347076592) atau langsung ke sekretariat KMP UNY. (Humas KMP)

KMP UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY

You may also like...

5 Responses

  1. Kegiatannya yang bagus sekali, bisa berbagi inspirasi dan pengalaman dengan adik2 generasi emas indonesia serta memberikan pengalaman besar bagi saya pribadi dalam menerapkan ilmu. Walau tidak lama tapi sangat berkesan.

  2. Alangkah akan lebih indah jika KMP juga memiliki putra/putri binaan yang bsa secara berkelanjutan ditempa dan dididik dengan kemampuan maksimal yang kita miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 1 =


28 − = 25