Sarasehan KWU KMP UNY: Semangat Ciptakan Enterpreneur Muda!

KMP UNY-Yogyakarta, Sabtu, (20/5/2017) telah diselenggarakan Sarasehan Kewirausahaan bagian pertama. Acara yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) ini bertajuk “Semangat Kewirausahaan sebagai Pondasi untuk Menciptakan Lapangan Kerja.”

“Menjadi Sarjana, berarti siap menjadi manusia yang berguna.” Kata Cendekia Addien, selaku ketua panitia. “Karenanya, bekal-bekal berupa keterampilan selain kuliah mutlak diperlukan oleh seorang mahasiswa.” Lanjut mahasiswa program studi Pendidikan Matematika S2 ini. “Salah satunya adalah dengan berwirausaha.” Sambung Aan Ikhsananto, Ketua KMP UNY 2017.

Sarasehan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini mendapatkan respon positif terutama bagi mahasiswa Program Pascasarjana. Hal ini ditunjukkan dengan terpenuhinya kursi-kursi yang disediakan oleh panitia penyelenggara. “Hal yang paling dibutuhkan saat memulai berwirausaha adalah mental atau keberanian.” Dr. Mustadin Taggala, S.Psi., M.Si memulai materinya. Dosen Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini memaparkan, setidaknya ada tiga kebutuhan dasar manusia, yakni Need for achievement, need for affiliation, dan need of power. Kebutuhan ini bisa terpenuhi saat ia mampu menciptakan suatu inovasi yang baru. Salah satunya, kreatif dalam menciptakan lapangan kerja, minimal untuk diri sendiri.

“Jadi Sarjana, harus punya skill. Jangan sampai jadi pengangguran dan tidak mampu bersaing di dunia kerja.” Dr Hermanto menegaskan dalam pembukaannya di awal acara. “Jangan menjadikan profesi PNS sebagai satu-satunya tumpuan harapan dan cita-cita, sebab ada banyak cara sukses yang bisa kita raih di era global ini” sambungnya. Salam kreatif, semoga pasca agenda ini lahir wirausaha-wirausaha muda yang kreatif dan kaya akan inovasi untuk kemajuan Indonesia.(Humas KMP UNY 2017).

KMP UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =


+ 63 = 72